“My blog is a collection of answers people don’t want to hear to questions they didn’t ask.” -Sebastyne Young

Thursday, March 23, 2017

12 prinsip pada animasi Caminandes

Thursday, March 23, 2017 Posted by Unknown No comments


1. ANTICIPATION

Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu atau lebih mudahnya anticipation itu sebuah gerakan yang berupa sebuah gerak persiapan sebelum pergerakan dilakukan atau istilahnya ancangancang, seperti tokoh yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri atau pada gerakan memukul, sebelum tangan maju harus ada gerakan mundur dulu atau sejenisnya. Dalam hal ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis bahwa sebelum bergerak sang tokoh harus bersiapsiap terlebih dahulu. Kartun-kartun klasik seperti popeye the sailor sering kali melakukan hal ini sebelum sang tokoh berlari.Gerakan antisipasi bertujuan agar penonton memahami apa yang akan terjadi berikutnya, jadi tidak langsung membuat orang tersebut misalnya tercebur ke kolam renang atau jatuh terpeleset atau meninju orang tanpa penonton tau apa penyebabnya. ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang jadi seakan-akan penonton telah memahami jalan pikiran sang animator, sehingga film yang dilakukan tanpa adanya anticipation terdapat banyak keganjilan dan keanehan karena sang animator tidak begitu memahami akan prinsip ini.

Pada animasi Caminandes ini terlihat pada menit ke 0:35 dimana sang kambing bangkit dari duduknya untuk berlari menyelamatkan sang pinguin.

2. SQUASH AND STRETCH

merupakan salah satu prinsip yang paling penting, karena upaya penambahan efek lentur pada objek atau karakter sehingga dapat membuat animasi menjadi lebih hidup. Dalam animasi ini dapat dilihat pada menit ke 0:07 dimana sang kambing terlihat kesusahan dalam berdiri karena licin.

3.  STAGING

Staging adalah gerak keseluruhan dalam sebuah adegan harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene. Dalam hal ini sebuah kartun akan digambarkan menjadi sebuah shot yang mencakup angel, framing, dan scane leght. Pada animasi diatas dapat dilihat di menit ke 1:45 dimana sang kambing terlihat sedih karena ditinggal oleh pinguin.

4. STRAIGH AHEAD AND POSE TO POSE

Straight ahead and pose to pose adalah gerak berdasarkan urutan dalam timing yang bersifat kesinambungan. Straight ahead action adalah membuat animasi dengan animator menggambarkan satu persatu gambar, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Pose to Pose adalah pembuatan animasi dengan seorang animator menggambarkan hanya keyframe-keyframenya saja selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambarkan oleh asistennya atau oleh animator lainnya. Dalam animasi diatas dapat dilihat di menit ke 0:40 - 0:45 dimana sang kambing mengawali aksinya denga berlari dan berakhir dengan melonmpat dan terduduk.

5. FOLLOW THROUGH DAN OVERLAPPING ACTION

Follow through and overlapping action adalah pada saat tubuh dari karakter berhenti dari suatu arah gerakan tertentu secara tiba-tiba misalnya, maka semua bagian/elemen padah tubuh karakter tersebut tidak serta-merta berhenti, tapi akan melanjutkan arah gerak semula. Misalnya bagian tangan, rambut yang panjang, belali gajah, pakaian, atau ekor yang panjang. Hal inilah yang dinamakan follow through. Overlapping action adalah gerakan karakter yang berubah arah pada saat bagian/elemen karakter akan melanjutkan gerakan awal karakter, sehingga terjadi tabrakan gerakan.Karakter tersebut bergerak ke arah  baru, yang akan diikuti oleh bagian/elemen karakter yang lain berapa frame berikutnya. pada animasi diatas dapat dilihat pada menit ke 1:55 dimana kambing menoleh kebelakang.

6. SLOW IN DAN SLOW OUT

Slow in and slow out adalah adalah gerak diperlambat atau gerak dipercepat. dapat dilihat pada menit ke 0:42 dimana sang kambing mempercepat larinya. dan pada menit ke 1:52 dimana sang kambing memperlambat jalannya.

7. ARCHS

Archs adalah gerakan yang sifatnya alami, missal gerakan sendi tangan yang terbatas. Gerakan di sini disesuaikan dengan keadaan asli dari suatu tokoh kartun yang diadaptasi dari keadaan nyata. Contohnya pada menit ke 1:55 dimana sang kambing berjalan.

8. SECONDARY ACTION

Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Secondary action tidak dimaksudkan untuk menjadi ‘pusat perhatian’ sehingga mengaburkan atau mengalihkan perhatian dari gerakan utama. Kemunculannya lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama. Terlihat pad amenit ke 1:22 dimana sng kambing mendayung di udara.

9.  TIMING

Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, dengan menggerakan animasi dengan waktu yang sesuai dan tepat tetapi perhitungan waktu itu memerlukan perhitungan yang cukup matang agar pergerakan tidak terlalu terlambat dan tidak terlalu cepat. Dapat dilihat pada keseluruhan animasi dimana penerapan timing sangat baik sehingga gerakan terlihat sangat relistis.

10. EXAGGERATION

Exaggeration adalah gerakan pengembangan dari gerakan normal dan bersifat dilebihlebihkan atau upaya untuk mendukung suatu animasi dalam bentuk rekayasa gambar, musik atau latar belakang yang bersifat hiperbolis. terlihat pada menit ke 1:20 dimana sang kambing dan pinguin terlempar ke udara.

11.  SOLID DRAWING

Solid drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2d memiliki unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku dan tampak 3d. dapat dilihat pada keseluruhan animasi dimana penempatan gradasi sangat baik sehingga terlihat real.

12. APPEAL

appeal adalah prinsip bahwa suatu karakter memiliki nilai personality tersendiri, dan suatu karakter periang tentu akan memiliki mata dan pergerakan yang berbeda dengtokoh yang pemurung atau pemalu. dapat dilihat dari animasi di atas sang kambing adalah tokoh yang periang.










REFERENSI :

http://animationforus.weebly.com/pengertian-12-prinsip-animasi.html

0 comments:

Post a Comment