“My blog is a collection of answers people don’t want to hear to questions they didn’t ask.” -Sebastyne Young

Wednesday, November 1, 2017

TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK

Wednesday, November 01, 2017 Posted by Unknown No comments
PENGUJIAN BLACK­BOX 

Pengujian black­box berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak. Disebut juga pengujian behavioral atau pengujian partisi. Pengujian black­box memungkinkan rekayasa perangkat lunak mendapatkan  serangkaian input yang sepenuhnya menggunakan semua syarat fungsional untuk  suatu program. Pengujian black­box berusaha menemukan :
·      Fungsi­fungsi yang tidak benar atau hilang
·      Kesalahan interface
·      Kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal.
·      Kesalahan kinerja
·      Inisialisasi dan kesalahan terminasi.

Dengan mengaplikasikan teknik black­box maka kita menarik serangkaian test case  yang memenuhi criteria beirkut :
·      Test case yang mengurangi, dengan harga lebih dari satu, jumlah test case tambahan yang harus di desain untuk mencapai pengujian yang dapat dipertanggungjawabkan.
·      Test case yang member tahu kita sesuatu mengenai kehadiran/ ketidak hadiran kelas kesalahan, daripada memberi tahu kesalahan yang berhubungan hanya dengan pengujian spesifik.


PENGUJIAN BASIS PATH

Pengujian basis path memungkinkan desain test case mengukur kompleksitas logiss dari desain procedural dan menggunakannya sebagai pedoman untuk menetapkan basis set dari jalur eksekusi. Test case yang dilakukan untuk menggunakan basis set tersebut dijamin untuk  menggunakan setia statemen di dalam program paling tidak sekali selama pengujian:

·      Notasi Diagram Alir.
Menggambarkan aliran control logika.

·      Kompleksitas Siklomatis
Merupakan metric perangkat lunak yang memberikan pengukuran  kuantitaif terhadap kompleksitas logis suatu program. Kompleksitas Siklomatis menentukan jumlah jalur independen dalam basis set suatu program dan memberikan batas atas bagi jumlah pengujian yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua statemen telah dieksekusi sedikitnya satu kali. Jalur independen adalah jalur yang melalui program yang mengintroduksi sedikitnya satu rangkaian statemen proses baru atau suatu kondisi baru.

·      Melakukan Test Case 
Dengan menggunakan desain atau kode sebagai dasar, gambarkan sebuah grafik alir yang sesuai. Tentukan kompleksitas siklomatis dari grafik alir resultan. Tentukan sebuah basis set dari jalur independen secara linier. Siapkan test case yang akan memaksa adanya eksekusi setiap basis set.

·      Matrik Grafis
Matrik grafis adalah matriks bujur  sangkar yang ukuran nya sama dengan jumlah simpul pada grafik alir. Masing­masing baris dan kolom sesuai dengan yang diidentifikasi kan, dan entri matriks sesuai dengan edge di antara simpul.

PENGUJIAN WHITE BOX

Pengujian White Box adalah metode desain test case yang menggunakan struktur control desain procedural untuk memperoleh test case. Disebut juga pengujian glass­box. Dengan pengujian white­box, perekayasa dapat melakukan : 
·      Memberikan jaminan bahwa semua jalur independen pada suatu modul telah digunakan paling tidak satu kali.
·      Menggunakan semua keputusan logis pada sisi true and false.
·      Mengeksekusi semua loop pada batasan mereka dan pada batas operasional mereka. 
·      Menggunakan struktur data internal untuk menjamin validitasnya.

DESAIN TEST CASE

Desain test case merupakan metode pengujian untuk perangkat lunak untuk memastikan kelengkapan pengujian dan memberikan kemungkinan tertinggi untuk mengungkap kesalahan pada perangkat lunak. 
Semua produk yang direkayasa dapat diuji dengan satu atau dua cara : 
·      Dengan mengetahui fungsi yang ditentukan dimana produk yang dirancang untuk melakukanya, pengujian dapat dilakukan untuk memperlihatkan bahwa masing­masing  fungsi beroperasi sepenuhnya, pada waktu yang sama mencari kesalahan pada setiap fungsi.
·      Dengan mengetahui kinerja internal suatu produk, maka pengujian dapat dilakukan untuk memastikan bahwa semua roda gigi berhubungan, yaitu operasi internal bekerja sesuai dengan spesifikasi dan semua komponen internal telah diamati dengan baik.

PENGUJIAN STRUKTURAL KONTROL

·      Pengujian Kondisi 
·      Pengujian Aliran Data 

·      Pengujian Loop

0 comments:

Post a Comment